TERKENAL NAMUN TAK DIKENAL




Iwan Dalauk (1890-1957) NAmun ia lebih dikenal dengan nama Mbah Moedjair, beliau lah penemu ikan mujair yang kita kenal sekarang ini. Bukan hanya nama, beliau jugalah yang merekayasa ikan mujair dapat hidup di air tawar.
Mbah moedjair lahir didesa kuningan, beliau menikah dengan partimah dan memiliki 7 orang anak. Hingga saat ini hanya tinggal dua orang anak nya saja yang masih hidup dan bisa bercerita tentang perjuangan orang tuanya.

SEPAK TERJANG MBAH MOEDJAIR
Semasa hidup nya mbah moedjair memiliki sebuah warung sate yang terbilang populer di blitar. Namun itulah hidup, mbah moedjair memiliki kebiasaan berjudi, pada akhirnya usaha sate yang digeluti nya gulung tikar/bangkrut.
Dimasa keterpurukannya, kepala desa papungan, pak muraji mengajaknya melakukan tirakat di pantai serang setiap tanggal 1 suro penanggalan jawa. Singkat cerita di pantai inilah mbah moedjair menemukan sekelompok ikan yang menarik perhatian nya. Ikan ini sangat unik, mereka menyembunyikan anak-anaknya dimulut pada saat mereka terancam bahaya. Rupanya mbah moedjair tertarik kepada ikan ini, lalu membawa beberapa ekor kerumah untuk di pelihara nya.

Habitat yang berbeda membuat ikan yang dibawa nya dari pantai tidak bisa bertahan hidup di air tawar. Namun mbah moedjair tidak patah arang. Beliau mulai merubah-rubah komposisi air tawar dan air laut hingga menemukan campuran yang tepat untuk memelihara ikan ini. Menurut penuturan anak mbah moedjair, usaha gigih tersebut berhasil pada percobaan ke 11 dengan 4 ekor ikan. Untuk setiap kali percobaan, beliau harus pulang pergi ke pantai serang desa papungan yang jarak nya 35km dengan berjalan kaki, melintasi hutan selama dua hari.
Keberhasilan beliau membawa ikan jenis baru ke kolam halaman rumah nya membuat nama mbah moedjair menjadi terkenal, hingga berita mengenai mbah moedjair menarik perhatian Asisten Resident( penguasa wilayah jawa timur pada masa penjajahan belanda) yang berkedudukan di kediri. Asisten Resident yang juga seorang peneliti melakukan penelitian secara mendalam tentang ikan spesies baru, dan sekaligus mewawancarai mbah moedjair. Berdasarkan hasil penelitian dan literatur yang ada, diketahui bahwa spesies ikan mbah moedjair berasal dari perairan laut afrika..
Sebagai bentuk penghargaan atas usahanya selama ini, Asisten Resident memberikan nama ikan spesies baru ini sesuai dengan nama penemu nya, yaitu moedjair (mujair.) yang seperti kita kenal sekarang ini.

www.kaskus .co.id/thread/56ff60695a516333078b4567/terkenal-namun-tak-dikenal

Artikel Biar Tranding Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top