Cara Orasi Yang Baik Dalam Menyampaikan Pendapat




Dalam negara indonesia yang menganut sistem demokrasi kita dibebaskan dalam menyampaikan pendapat asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dalam menyampaikan pendapat didepan publik banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya yaitu orasi.

Orasi adalah berbicara di depan orang banyak dengan tujuan agar maksud pidato diketahui dengan seksama sehingga pesan yang terkandung didalamnya diketahui pula oleh penerima informasi.

orasi sering dilakukan oleh mahasiswa, buruh, lembaga, organisasi, komunitas,dan lainnya tentang suatu permasalahan yang berkembang dalam momentum demonstrasi, seminar, simposium dan kegiatan lainnya.

Orasi banyak dilakukan dalam demonstrasi sekelompok orang/masyarakat yang dirugikan yang biasanya isi orasi tentang penolakan kebijakan pemerintah atau lembaga terkait. Bentuk orasi lainnya yaitu orasi ilmiah biasanya disampaikan oleh mahasiswa secara sistematis, dan berdasarkan bukti-bukti dan bentuk yang bisa diterima secara ilmiah

Seperti yang kita ketahui bahwa tergulingnya orde baru pemerintahan Soeharto tidak terlepas oleh pengaruh orasi yang dilakukan mahasiswa, sehingga mampu menumbuhkan semangat mahasiswa untuk melengsrkan Soeharto pada zaman itu.

Jadi bagaimana cara berorasi yang mampu menggugah hati semua pendengarnya ? (asekk, serius amat baca nya gan   )
baik lah ane akan mencoba membagi beberapa cara berorasi yang baik.

1. Pahami tema/topik

nih gan, yang paling penting. sebelum kita orasi kita tuh harus paham dulu dengan materi yang akan kita sampaikan, jangan sampai nanti waktu ditengah orasi kita malah bingung atau asal bicara, yang ada malah kita yang disuruh pulang gan.

2. Menggunakan bahasa yang tepat

Dalam berorasi usahakan jgn memakai bahasa/logika yg sulit gan, agar massa mudah mengerti. karena tujuan orasi adalah untuk mengajak semua orang agar sependapat dengan kita.

3. Menyampaikan orasi secara berurutan

Berurutan itu maksudnya secara teratur gan, pertama - tama kita menyampaikan tujuan orasi kita, permasalahan yang kita bahas serta dengan menyertakan data - data yang akurat.
kedua kita memberikan solusi dan kritikan terhadap permasalahan yang kita bahas tersebut.

4. Semangat dan Pantang Menyerah

Ini juga penting gan, semangat yang membara sangat diperlukan, agar kita mampu mengumpulkan masa. kalau loyo yang ada orang ada bubar gan semangat 45

5. Tidak Anarkis

Bagaimanapun semangat nya kita, kita harus mampu mengontrol diri gan, soalnya kita yang memimpin. kalau kita sendiri yang hilang kendali, malah jadi perang gan. yang ada tuntutan kita malah gak didengarkan

Sebenarnya masih banyak lagi hal yang harus dipelajari untuk menjadi orator yang baik gan, ini hanya sedikit pengalaman ane selama ini aja gan.

www.kaskus .co.id/thread/56f2dd8ec3cb1741248b4568/cara-orasi-yang-baik-dalam-menyampaikan-pendapat

Artikel Biar Tranding Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top