Alasan Mengapa Ban Sering Kempes ketika Lama tak dipakai




Berhubung lagi ramai mengenai mobil balapnya Rio Haryanto yang mengalami masalah, ane jadi inget masalah ban motor ane yang kempes secara ajaib ketika lama tak dipakai

Apakah kalian pernah mengalami kejadian ban kempes tiba-tiba ketika sepeda motor, sepeda, maupun mobil yang lama tidak digunakan? Misalnya, ketika ditinggal mudik maupun liburan. Saat kembali ke rumah, ternyata ban kendaraan sudah kempes secara tiba-tiba. Sungguh menyebalkan bukan? Apalagi saat itu kendaraan akan digunakan untuk pergi ke kantor ataupun ke sekolah. Bisa-bisa telat deh..

Ane pun sering mengalami kejadian ini. Kesal sekaligus penasaran, akhirnya ane googling & menemukan penyebabnya. Mau tau? Ok, langsung saja menuju ke TKP

Siapa yang tidak kesal ketika ban kendaraannya kempes? Apalagi ketika kendaraan itu akan digunakan & sulit untuk menemukan tukang tambal ban. Kendaraan yang lama tak dipakai pun dapat menyebabkan ban kempes secara ‘ajaib’. Kenapa bisa begitu ya?

Ternyata, hal ini kembali mengingatkan kita ke pelajaran SD. Yaitu mengenai pemuaian & penyusutan benda. Prinsipnya sederhana, yaitu sebuah benda akan bertambah volumenya ketika suhu udaranya meningkat/dipanaskan. Sebaliknya, ketika suhu udara dingin maka volumenya akan berkurang.

Ban kendaraan yang selalu dipakai setiap hari tentunya akan menyebabkan suhu udara ban menjadi panas, sehingga volume angin di dalamnya cenderung stabil/tidak kempes. Berbeda dengan kendaraan yang lama tidak dipakai, terlebih kendaraan yang di parkir di atas lantai/ubin yang dingin. Hal inilah yang menyebabkan penyusutan volume angin di dalam ban kendaraan.

Tidak hanya pada ban, teori tersebut juga berhasil menjawab mengapa rel kereta api dibuat renggang & kabel tiang listrik yang dibuat kendur.

Tentunya, hal tersebut untuk mencegah terjadinya pelengkungan rel & putusnya kabel listrik karena pemuaian ketika terkena panasnya sinar Matahari.

Berhubung banyak yang request cara pencegahannya, sebenarnya cukup simpel. Kendaraan yang diparkir sebisa mungkin dilasari dengan karpet, kayu, atau kain agar ban tidak langsung menyentuh ubin. Tetapi cara ini tidak menjamin ban tidak akan kempes walaupun ditinggal lama.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan standar berdiri khusus sepeda motor/sepeda. Pengecekan secara rutin juga perlu dilakukan, terutama sebelum kendaraan itu akan digunakan

www.kaskus .co.id/thread/56eeb92cdc06bdc2188b4569/alasan-mengapa-ban-sering-kempes-ketika-lama-tak-dipakai

Artikel Biar Tranding Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top