Penemuan Spesies Baru Di Tahun 2016




Bumi ini kaya akan sumber daya alam dan banyak yang belum diteliti seluruhnya. Masih banyak kekayaan keanekaragaman hayati (biodiversitas) yang tersembunyi. Kabar baiknya yaitu dengan ditemukannya spesies baru di tahun 2016. Berikut beberapa diantaranya:

1.Gurita 'Casper'

Hewan laut ini ditemukan oleh kapal selam di kedalaman sekitar 4km di perairan Pulau Necker. Ahli sains dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) mengatakan penemuan jenis gurita tanpa sirip itu di kedalaman sekitar 4km itu merupakan pertama kali. Hewan itu telah diberi nama "Casper" seperti sosok hantu dalam film kartun. Sejenis gurita ini sedikit memiliki sel pigmen, yang menyebabkan warna kulitnya bercahaya. "Ini hampir dipastikan merupakan spesies yang belum pernah ditemukan," jelas jelas Michael Vecchione dari NOAA, yang menyebutnya sebagai sebuah "gurita kecil yang luar biasa.

2. Kepiting Warna-Warni dari India

Ilmuwan menemukan lima spesies baru kepiting air tawar di Westghat, India. Pegunungan di India ini merupakan salah satu sumber keragaman hayati terkaya di dunia. Salah satunya kepiting warna warni unik yang diberi nama latin Gubernatoriana thackerayi sesuai dengan nama ilmuwan penemunya.

3. Bunga Bangkai Kerdil

Kita mengenal bunga Rafflesia atau bunga bangkai selalu berukuran raksasa dengan diameter di atas satu meter. Tapi jenis baru yang ditemukan di pulau Luzon, Filipina, bulan Februari 2016 berukuran paling kecil. Rafflesia consueloae, baunya seperti wangi kelapa. Para peneliti dari dua universitas di Filipina, Kamis lalu di jurnal PhytoKeys menyatakan bunga tersebut adalah versi terkecil dari bunga paling raksasa di dunia. Diameternya masih sekitar 9,65 centimeter. Perry Ong, sang peneliti, menemukannya secara tiba-tiba di dalam hutan hujan tropis yang tidak jauh dari bagian utara Kota Manila itu. Ia tersandung sebuah bunga yang menurutnya berbentuk aneh.


4. Ular Bercahaya dari India

India menjadi “hotspot“ atau sumber paling banyak temuan spesies baru di abad ke 21 ini. Sebuah tim gabungan ilmuwan Inggris dan India menemukan spesies ular tidak berbisa yang seolah memancarkan cahaya. Temuan ular yang yang diberi nama latin ini merupakan temuan pertama spesies jenis tersebut sejak 144 tahun terakhir.

5. Ikan Piranha Vegetaris

Ikan piranha selalu digambarkan sebagai ikan buas, yang melahap mangsanya, hewan atau manusia dalam bilangan menit, hingga hanya tersisa kerangka. Tapi ikan piranha spesies baru yang ditemukan di kawasan Amazona di barat Brasil ini hanya makan tumbuhan alias vegetaris. Ikan Piranha ini diberi nama latin Myloplus zorroi mengambil nama dari kisah film Zorro.

6. Katak Pohon India

Puluhan spesies baru katak ditemukan di tahun 2016. Katak pohon yang diduga telah mati lebih dari satu abad lalu, telah ditemukan kembali di timur laut India. Penemuan dilakukan oleh ahli biologi India terkenal, Sathyabhama Das Biju dan tim ilmuwan di wilayah hutan di timur laut India. Temuan katak pohon di India yang diberi nama Frankixalus jerdonii. Genus katak pohon ini diyakini sudah punah 137 tahun silam. Katak pohon ini menetas dalam lubang di atas pohon, dan induknya memberi makan kecebong dengan telur yang tidak dibuahi.

7. Ikan gua yang dapat berjalan 'Cryptotora Thamicola'

Penemuan Cyrptotora Thamicola bukan pertama kali. Beberapa tahun yang lalu sebenarnya sudah ditemukan namun kali ini para ilmuwan berhasil mengungkap kelebihan yang dimiliki ikan gua tersebut yang bisa berjalan di atas air dan memanjat air terjun. keahlian Criptotora Thamicola itu berhasil diungkap oleh ilmuwan dari New Jersey Institute of Technology. Disampaikan Brooke E. Flammang, penulis studi dari New Jersey Institute of Technology, "Panggul dan tulang belakang ikan ini memungkinkan untuk mendukung berat badan dan melawan gravitasi sehingga menyediakan kekuatan yang mengaliri otot dan membuatnya dapat berjalan," ungkap Flammang. Pada mulanya, laporan ilmiah yang diterbitkan oleh Flammang ini bermula ketika Daphne Soares berhasil merekam ikan merah muda itu bergerak meliuk di air gua. Criptotora Thamicola itu pun menggunakan sirip dan ototnya untuk merangkak di dinding yang penuh dengan air.

Meneliti flora dan fauna yang ada di bumi memang menjadi sesuatu yang menarik perhatian. Seperti meneliti spesies yang sudah punah ribuan atau bahkan jutaan tahun lalu, namun sekarang spesies-spesies cantik, menawan dan bahkan menyeramkan juga banyak yang ditemukan dan banyak pula yang belum diketahui dan masih menjadi misteri. Dengan berkembangnya teknologi, tentu bukan hal mustahil kelak akan banyak spesies-spesies baru yang akan ditemukan oleh para ahli, dan mungkin diantara kita kaskuser ada yang menjadi salah satu dari ahli tersebut.  Marilah kita selalu menjaga lingkungan alam sekitar agar flora dan fauna yang ada dibumi tetap terjaga kelestariannya.

www.kaskus .co.id/thread/56f64663dac13ed6238b4567/penemuan-spesies-baru-di-tahun-2016

Artikel Biar Tranding Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top