Kenapa Sih Gak Mau Memungut Sampah?



*Menurut KBBI*
Sampah adalah barang atau benda yang dibuang karena tidak terpakai lagi. (udah gitu aja, pasti agan/sista juga tau lah apa itu sampah )

Halo gan/sis ane mau tau nih, kenapa sih jarang banget ada orang yang mau MUNGUTIN sampah di tempat umum...? Padahal sampah itu jelas banget keliatan di jalan yang lagi dilewatinya...

Disini ane punya dua persepsi (sebagai topik pembahasan) yang menjadikan orang tersebut gak mungutin sampah yang ada di tempat umum, yuk disimak

MALAS

Yap... mungkin sebagian orang itu males buat mungutin sampah karena dia harus membungkuk yang nantinya bakal menghambat waktu dalam perjalannya (padahal gak sampe 5 menit ) dalam malas inipun juga ada alasannya gan

1. Karena bukan yang membuang

Jujur aja gan... pernah waktu (masih sekolah) disuruh guru buat buangin sampah di tangga/lantai sekolah, tapi pas agan lagi ngebuang sempet ngomong dalam hati "Yaelah, bukan gua yang buang juga..."? Kalo pernah, agan/sista harus buang jauh jauh sifat ini, karna hal ini juga menjadi pemicu orang males buat mungutin sampah yang ada.


2. Karena bukan tugas/kewajibannya

Yang ane maksud disini, agan/sista gak mau ngebuang/mungutin sampah dijalan tempat umum karna selalu berpikir "Kan ada petugas kebersihannya"... Pemikiran ini emang betul, tapi kalo misalkan gak ada petugas yang ngebersihin gimana? Kebersihan itu harus dimulai dari diri sendiri loh gan


3. Jauhnya jarak tong/media pembuangan sampah

Hal ini jadi alasan yang paling klasik buat dijadiin sebuah alasan biar gak mungutin sampah, padahal kita bisa nyimpen sampah itu di kantong baju/celana bukan?


4. Masa Bodo(Cuek)

Kalo yang begini sih harus dirubah jauh-jauh sikapnya, masa gak punya kepedulian sama sekali terhadap lingkungan? Mungkin orang kayak begini kalo ada kiamat juga bodo amat kali ya (amit-amit gan) Hal ini terjadi karena orang yang cuek itu cuma ngurusin hidupnya sendiri "ngapain ngurusin gituan?ngurusin diri sendiri aja belom bener"

MALU

Pernah gak sih agan melakukan candaan (biasanya sih pas masih remaja) buat nyuruh temen agan ngebantuin "pemungut sampah"(yang dimaksud petugas kebersihan kok ) sambil ketawa-tawa dan temen agan nolak-nolak? Nah... ini juga yang menjadi pemicu orang gak mau mungutin sampah yang ada.Ya...itu, karna malu. Aduh-duh...  Malu ini juga ada penyebab yang bikin orang gak mau mungutin sampah yang ada

1. Karena sampah itu bau dan kotor

Pasti beberapa orang yang baca thread ini sering terlintas setiap mau mungutin sampah di jalanan umum "Sampah?? Ih... bau...kotor..blablabla." Sampah emang kotor dan bau, tapi kalo ada sampah yang keliatan trus gak diambil&dibuang ke tempatnya, apa jadi gak tambah kotor itu tempat? Yang ada malah jadi tambah kotor dan bau kan?


2. Rendahnya nilai petugas kebersihan

Eits... jangan salah paham dulu, yang ane maksud disini bahwa pandangan agan/sista terhadap petugas kebersihan itu yang rendah. Jadi suka mikir "Ngapain amat gua ngebersihin, lu kira gua babu/pembantu." Pernah gak mikir kayak gitu? Kalo pernah, harus segera dijauhin... Pada intinya setiap pekerjaan itu sama, hanya gimana cara pandang kita terhadap pekerjaan tersebut.(sama-sama nyari rezeki maksudnya )


3. Gengsi

Hmm.. hal ini sih udah lumrah banget buat masyarakat modern kayak begini. Hal ini juga berkaitan dengan nomer dua loh gan, kenapa? Karena mereka udah nilai/ngecap rendah orang-orang yang bekerja sebagai petugas kebersihan. Jadinya mereka suka berpendapat "Kenapa gua harus ngambil? toh yang lain juga gak ngambil. Gengsi kali udah rapih-rapih gini, tapi megang sampah." Biasanya sih ini terjadi pada kalangan remaja(segelintir aja kok yang ane maksud, gak semua remaja ), tapi gak jarang juga orang tua yang gengsi buat ngambil sampah. Padahal kalo SATU orang melakukan kebaikan, ORANG LAIN pun juga akan mengikuti kebaikan tersebut loh.

Gimana gan/sis? Bener gak, pernah berpikiran seperti itu waktu ngeliat sampah di tempat umum? Seharusnya sih kita gak boleh berpikiran seperti itu, seperti yang ane sampein di atas, kebersihan itu harus dimulai dari diri kita sendiri, baru orang lain.


Ane punya tips yang sekaligus mengingatkan agan bahwa membuang sampah itu penting dan perlu kita lakuin sebelum bumi ini penuh dengan sampah

1. Jangan buang sampah sembarangan
Simple kan? Dengan kita gak buang sampah sembarangan, gak bakal ada deh tuh sampah yang berceceran di tempat umum, dan juga gak bakal ada yang punya beribu alasan untuk gak mau mungutin sampah yang ada:

2. Harus rela berkorban
Lebay gak sih? kayaknya sih enggak deh, kenapa harus rela berkorban? Jelas, karna kita melakukan hal ini (memungut sampah dan membuang ke tempatnya) bukan hanya untuk diri kita sendiri, tapi juga untuk kepentingan orang banyak.

3. Punya tanggung jawab
Jelas gan, kita sebagai manusia harus memiliki tanggung jawab yang tinggi. Dalam pembahasan ini, tanggung jawab yang dimaksud adalah bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan baik di rumah maupun di tempat lain yang kita kunjungi. Hampir bahkan setiap hari selalu kita liat orang yang buang sampah sembarangan, bener gak? Kita semua harus bisa ngejauhin sifat-sifat yang kayak begitu

4. Gak cuma ngeluh, tapi harus bergerak
Iyalah! Diantara agan/sista (termasuk ane sendiri) pasti pernah kan ngeluh tentang tempat yang kotor? Kalo gak pernah ngeluh, brarti hidup agan gak indah, alias cuma di rumah doang.dari orok sampe sekarang. Ngeluh boleh, tapi harus diiringi dengan sebuah gerakan.. Gak susah kok, cukup mungutin sampah secuil (bungkus permen/daun kering) aja udah termasuk sebuah gerakan yang bisa ngebantu untuk ngejaga kebersihan lingkungan.

5. Tidak saling menyalahkan
Nomer lima ini berkaitan dengan nomer tiga, tapi lebih spesifik.
Kita gak boleh saling menyalahkan waktu ngeliat sampah, entah nyalahin petugas lah, nyalahin orang yang di depan lah, inilah, itulah. Jangan suka nyalahin, tapi langsung perbaikin kalo itu salah. Dalam pembahasan ini artinya agan gak boleh saling menyalahkan tentang sampah yang berceceran dimana-mana, tapi juga langsung melakukan gerakan operasi semut (kalo di sekolah begitu gan )yaitu memungut dan membuang sampah secuil apapun, entah itu bungkus permen, batang rokok, plastik, sobekan kertas, dan yang lainnya.

Dari ane cukup segitu aja yang bisa disampaikan, pokoknya kita harus menjaga kebersihan dimanapun kita berada. Jangan selalu bergantung kepada petugas kebersihan karena kebersihan itu juga merupakan tanggung jawab kita. Seperti yang diajarkan agama, kebersihan adalah sebagian dari iman.

Selalu bergantung ke petugas kebersihan juga gak baik loh gan/sis, karena kalo kita terus bergantung sama mereka, kebersihan di luar tempat itu gak bakal terwujud.

Buat agan-agan, kita gak boleh malu buat NYAPU dimanapun kita berada, entah itu gedung kantor/sekolah/rumah/bahkan tempat umum yang ramai dikunjungi orang.(yang terakhir ini sih kayaknya emang harus banget ngandelin petugas, tapi kalo sekedar mungutin sampah sih kita harus mau.)

Buat sista-sista, kalian gak boleh mengabaikan kebersihan yang ada karena kalian yang ngejagain rumah (kecuali wanita karir ya sist ) selama suami kerja.

www.kaskus .co.id/thread/56e83a0ac3cb171b758b4567/kenapa-sih-gak-mau-memungut-sampah

Artikel Biar Tranding Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top