Evolusi Musik Rock Dari Masa Ke Masa (Western Only)




Era 50'an (The Origins)

Pada awalnya musik rock lahir di akhir 40'an dan awal 50'an. Musik rock pada awalnya adalah campuran dari beberapa genre yaitu Blues & Rythim, Gospel, dan country dan terciptalah rock n' roll. Pada awalnya musik rock hanya mempunyai nada-nada sederhana namun asik didengarkan. Artis artis terkenal di masa awal Rock n' Roll adalah Elvis Presley, Jerry Lee Lewis, dan Chuck Berry.

FYI
Konon katanya ada satu konser dimana ada Tielman Brother dan The Beatles, Tielman Brother diberikan akomodasi hotel mewah, sedangkan The Beatles hanya diberi kamar losmen.

60's (Golden Age Of Rock n' Roll)

Di Era Ini Ada Beberapa Subkultur Rock yang Berjaya Seperti :
-Surf Rock
-Psychedelic
-Blues rock
-Folk Rock

Surf Rock

setelah kesuksesan Rock n' Roll awal sedikit memudar, tiba-tiba ada kekuatan musik baru dari kultur peselancar di Orange County. Mereka menawarkan musik yang sedikit lebih 'liar' dan reverb gitar elektrik yang sangar. Beberapa kelompok yang mempopulerkan subkultur ini antara lain : The Beach Boys, The Ventures, dan The Surfaris. Beberapa tahun kemudian ada beberapa musisi surf rock yang meninggalkan musik bertema selancar dan berpindah ke lirik yang berisi tentang wanita, mobil, dan hal-hal maskulin lainnya yang bernama Hot Rod Rock

Psychedelic

Musik yang identik dengan LSD, cimeng, hippies, dan hal hal yang bikin melayang ini tergolong salah satu genre yang unik. Mereka berani mengeksplorasi berbagai genre dan alat musik dan menghasilkan sensasi baru yang bikin melayang layaknya menenggak LSD. Karya-karya psychedelic yang bisa dinikmati sampai saat ini adalah Gubahan Jimi Hendrix, Sgt. Peppers nya Beatles, dan Indonesia juga punya lagu dengan sound berirama psychedelic seperti : Panbers dengan Haai dan The Brims dengan Anti Ganja (psychedelic yang identik dengan NAPZA disini berubah menjadi himbauaan untuk menjauhinya)


70's (The Proggresive Era)

Di era ini Rock yang sederhana tiba-tiba berubah menjadi lebih rumit, susah, dan kompleks. Sub-genre yang muncul di era ini antara lain :
-Proggresive rock
-Hard Rock
-Heavy Metal
-Jazz Rock
-Glam Rock
-Punk Rock

Proggresive Rock

Jika selama ini anda berpikir kalau musik jazz adalah musik yang paling rumit, anda salah besar !
Proggresive rock menawarkan pengalaman berbeda dalam mendengarkan musik rock, yaitu tempo yang berubah-ubah, kord yang aneh-aneh, synth yang terdengar mistik (biasanya ditambah minimoog).

Hard Rock & Heavy Metal

Jika mendengarkan lagu dengan riff gitar yang serak dan kasar, tempo bass yang cepat, ketukan drum yang berat sudah bisa ditebak kalau itu adalah musik hard rock. Band yang dikenal mainkan musik ini adalah Led Zeppelin dan Deep Purple.beberapa tahun kemudian muncul sub-genre lain dari rock yang hampir mirip dengan Hard Rock yaitu Heavy Metal yang menawarkan musik yang lebih gelap, muram, dan seram.

80's (Influenced Glam Rock & Faster Punk)

Di era ini banyak bermunculan band yang terinfluence dengan era glam awal (70'an) seperti Def leppard & GnR. Meskipun pada awalnya Def Leppard memainkan hard rock tapi setelah Rick Allen (sang drummer) terkena kecelakaan yang mengakibatkan tangannya diamputasi sehingga tidak bisa memukul snare.

Di era ini juga muncul punk new wave (lebih cepat & ganas) seperti Misfits dan Napalm Death

90's (Alternative Era)

Di era ini ada2 kekuatan besar yang menjadi penguasa dalam musik mainstream yaitu :
-Grunge from Seattle
-Britpop from Great Britain
Tentunya Ini adalah 2 genre yang bertolak belakang. Grunge lebih terinfluence punk (Nirvana), hard rock(Pearl Jam) dan metal (Alice in Chain). Sedangkan Britpop terlihat seperti rock yang dibalut dengan musik pop dan terlihat lebih ceria seperti lagu-lagunya oasis (ane nggak terlalu hapal sama lagunya oasis), Radiohead (High & Dry, Creep, Paranoid Android, Karma Police), dan Blur

2000's-Present
kalo ini nggak usah dijelasin lagi brur ! Anda pasti sydah tahu sendiri !

itulah dia evolusi musik rock dari masa ke masa. Dari dulu rock sudah mengalami perubahan yang cukup drastis. Kini musik rock sudah mulai terlihat mengikuti pasar (Coldplay, salah satu angkatan britpop90'an akhir kini terlihat semakin mengikuti pasar). Belum lagi para poser seperti 5 second of summers atau The Vamps yang katanya memainkan sub genre rock (Pop punk/Pop rock) tapi malah nggak kerasa rocknya dan terlihat sering memakai apa yang dipakai oleh musisi rock seperti jaket denim atau jaket kulit.

www.kaskus .co.id/thread/56ea8f9c54c07ae64c8b456e/evolusi-musik-rock-dari-masa-ke-masa-western-only

Artikel Biar Tranding Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top