Ini dia gan, Yang Bikin Suara Harley Davidson Berdentum Khas




Harley Davidson... 100 tahun lebih masyarakat mengenal nama tersebut.

di Indonesia semua juga mengenal motor yang satu ini, ada yang bilang "herle","harli" atau "herli" nggak peduli dipanggil apa motor yang satu ini tetap indah,gagah sekaligus sangar

Sebelum masuk pada pembahasan utama,kenapa harley bersuara khas.
Yuk kita tilik sejarah singkat si HD.

Harley Davidson ditemukan oleh William S. Harley dan Arthur Davidsonpada awal abad 20 (antara 1900-1903) di Milkwee,Wisconsin, USA.
*mereka menciptakan HD saat usianya baru 20tahun .

Berawal dari keinginan sederhana, yaitu menciptakan kendaraan yang mampu melahap tanjakan di Milkwee, kedua pemuda tersebut berusaha membuat kendaraan yang kuat tapi tetap gesit, setelah otak-atik selama 3tahunan di"pabrik" mereka yang hanya terbuat dari papan.. mereka berhasil membuat HD yang pertama dengan bahan&mesin seadanya.
beda dengan harley sekarang yang kapasitas mesinnya MINIMAL 500cc awalnya harley hanya memiliki mesin 60cc bersilinder tunggal. Hebatnya,ada seseorang yang tertarik untuk membelinya!
pada tahun 1905 mereka berhasil membuat 11 motor serupa,karena semua motor tersebut sukses akhirnya mereka merekrut 20karyawan&otomatis pabriknya berkembang. lalu pada 1908 motor yang dibuat meningkat 1500 persen menjadi 154 buah. motor tersebut kebanyakan dibeli oleh kepolisian setempat karena bisa melaju dengan kencang.

Tahun 1909, William S. Harley membuat proyek mesin V twin 1000 cc. Kala itu mesin ini bisa menghasilkan 7hp(gilak efisien banget ). Mesin dengan konfigurasi V-twin 45 derajat menjadi ciri khas dari motor Harley Davidson sampai sekaranng.

1910, adalah awal pemasangan logo yang legendaris “Bar and Shield” di motor Harley Davidson. Pada tahun ini, beberapa lomba balap motor, ketahanan motor dan lomba naik bukit dimenangkan oleh Harley Davidson.

1912 dicirikan dengan pertumbuhan yang pesat dari pabrik motor Harley-Davidson. Pada saat itu, mulai dibangun 6 pabrik baru, bahkan pada saat itu sudah mulai dilakukan ekspor ke Jepang. Di Amerika Serikat sendiri sudah berdiri lebih dari 200 dealer penjualan motor Harley Davidson.
keren yak gan... masih muda,berjuang dari 0 sampe jadi besar
____________________________________________
Lalu gimana perjalanan harley di Indonesia?

Diindonesia HD dibawa oleh kompeni pada
1920an untuk kegiatan perkebunan. dari Situlah harley dikenal. pada era 60an harley Davidson menjadi pengawal presiden&pejabat (PATWAL)

sampai sekarang... Harley Davidson teruss berkembang.ditopang oleh komunitas harley paling beken di indonesia yang dibentuk tahun 90an "HDCI" membuat akar Harley di Indonesia semakin kuat.

Yess... begitulah sejarah singkatnya Harley Davidson gan.

Kenapa Harley bersuara khas?

Yang membedakan mesin harley yaitu kedua piston menuju kruk as hanya memiliki 1 pin, dan kedua piston rod dihubungkan dengan 1 pin(sorry agak teknis)

Piston 1 melakukan pengapian,
Piston 2 melakukan pengapian pada 315°, ada gap 405°
begitu seterusnya.

jadi suara dentuman mesin harley terdengar seperti helikopter , bum-bum...... bum-bum.... bum-bum-bum...bum-bum (ada sela&seakan mesin mau mati)

Kalau mesin v-twin Asia(Japanese) akan terdengar brummmmmmmm (rapet,lembut&halus )

mesin v-twin asia nyamain suara HD? nggak mungkin!

kalau kita simak dengan seksama, konfigurasi v-twin asia tidak rata 100% (antara blok ke1&2) agak geser sedikit.

nggak percaya? yg punya motor v-twin asia silahkan bongkar belah/turun mesin, kemudian cari bengkel HD yg lagi turun mesin juga, lihat konfigurasinya....

bukan knalpotnya juga ya gan...knalpot harley malah sesederhana banget, besi selonjor. itu sudah
kalo ga percaya coba ganti knalpot motor Jepang ente pake besi selonjor, dijamin suaranya nggak karuan. (dulu ane pernah coba dulu!)

lalu kok pabrikan asia/jepang gak niru?
dari dulu v-twin Harley udah coba ditiru oleh Kuartet produsen Japan gan, tapi suara dan karakter mesinya tetap berbeda dengan Harley, maximal hampir sama.

Kenapa Konfigurasi mesinnya ga dibuat sama seperti HD saja?

HAK PATEN

Harley Davidson bukan hanya milik kalangan tertentu,kita semua punya hak untuk menikmati karya seni tersebut... walau sekedar melihat-mendenga-meminjam. -lupa quotenya siapa(kalo gasalah dapet pas ane baca majalah)

baik... sekian dari saya, terimaksih sudah membaca semoga menambah informasi kita semua

www.kaskus .co.id/thread/5707dc2ede2cf2065d8b4568/ini-dia-gan-yang-bikin-suara-harley-davidson-berdentum-khas

Artikel Biar Tranding Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top