Inilah 5 Bagian terpenting dari Otak untuk Tubuh Kita! Berikut Penjelasannya




Otak adalah bagian dari tubuh yang mempunyai manfaat penting dari semua sistem hidup. Walau hanya mempunyai berat 2, 5 % dari berat tubuh, tetapi otak bertanggungjawab pada penyusunan semua tubuh dan pemikiran manusia. Bila otak sehat maka mendorong kesehatan tubuh dan mental akan jalan sempurna, demikian sebaliknya bila bagian ini terganggu, maka kesehatan tubuh dan mental dapat terganggu juga.

Terkecuali paling penting, otak juga adalah organ yang paling rumit. Menurut hasil penelitian otak mempunyai bagian-bagian dengan fungsinya semasing. Pada intinya otak manusia terdiri atas lima bagian yakni Otak Besar, otak tengah, otak belakang, otak kecil dan sum-sum kelanjutan. Semasing sisi mempunyai pekerjaan spesifik yang memengaruhi kerja tubuh.

1. Otak Besar (Cerebrum)

Bagian ini adalah sisi otak paling besar dengan manfaat yang krusial juga. Otak besar atau umum di kenal dengan cerebrum adalah dengan cara garis besar dapat disebutkan juga sebagai pusat syaraf utama dikarenakan fungsinya yang sangatlah penting, seperti yang terkait dengan inteligensi, memori, kesadaran dan pertimbangan.

Bagian otak besar terbagi dalam dua belahan yaitu otak bagian kiri dan kanan. Masing-masing bagian mempunyai manfaat kebalikan di mana bagian kiri mengatur manfaat tubuh bagian kanan, demikian sebaliknya otak kanan mengatur manfaat tubuh bagian kiri. Setiap belahan otak tersebut terbagi menjadi empat lobus, yakni frontal, pariental, okspital, dan temporal.

2. Otak Kecil (Cerebellum)

Otak kecil berperan juga sebagai pusat keseimbangan dan kekuatan motorik. Bila bagian ini mengalami masalah, maka dapat mengakibatkan gerakan otot tak akan terkoordinasi. Selain itu, masalah di bagian ini dapat dapat mengakibatkan vertigo karena kurangnya oksigen yang masuk ke otak. Bagian ini terdapat dibawah lobus oksipitalis, dan terdapat di bagian atas batang otak.

3. Otak Depan (Diensefalon)

Diensefalon memproses rangsang sensorik danmembantu mengawali atau memodifikasi reaksi tubuh pada rangsangan tersebut . Sebagian contoh kesibukan yang melibatkan diensefalon salah satunya adalah kunyah, melihat, pergerakan mata, ekspresi yang terjadi di wajah (misalnya, tersenyum, cemberut, dan sebagainya), mendengar, bernapas, menelan, mencium (membaui), dan keseimbangan tubuh.

4. Otak Tengah (Mesencephalon)

Bagian ini terbagi dalam : Tektum, yang mempunyai syaraf pengatur sistem pendengaran dan sistem penglihatan. Sesaat bagian lain adalah Cerebral Peduncle, yang ikut serta dalam sistem homeostasis dan lintasan refleks.

5. Otak Belakang (Myelencephalon, Metencephalon, Rhombencephalon)

Otak belakan terbagi dalam jembatan varol, sumsum kelanjutan dan otak kecil yang membuat suatu brainstem atau batang otak. Jembatan varol merupakan syaraf yang menghubungkan lobus kiri dan kanan otak kecil dan menghubungkan otak kecil dan otak besar. Sumsum kelanjutan otak kecil mempunyai manfaat yang lumyan penting, yaitu mengontrol saluran pernapasan, mengatur laju denyut jantung, pusat refleks fisiologi, tekanan udara, suhu tubuh dan lain- lain.

8intisari. blogspot .com/2016/03/inilah-5-bagian-terpenting-dari-otak.html

Artikel Biar Tranding Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top